%D 2016 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T IMPLEMENTASI MODEL EVALUASI CIPP PADA PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI BPTT DARMAN PRASETYO YOGYAKARTA %L UNY40959 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan Awak Sarana Perkeretaapian Muda dengan Penggerak non-Listrik Angkatan 12 di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta Tahun 2015 dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan Model Alir dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan adalah sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context (konteks) sudah baik, dikarenakan adanya dasar hukum pelaksanaan program diklat, kesesuaian analisis kebutuhan diklat, kesesuaian latar belakang diklat, relevansi kurikulum dan kesesuaian tujuan program diklat, (2) evaluasi input (masukan) sudah baik, dikarenakan penyelenggara berperan dengan baik, instruktur berkompeten dan menguasai materi, penerimaan peserta diklat sesuai dengan kriteria, kesesuaian materi diklat, penggunaan media dan metode pembelajaran berfungsi optimal, sarana prasarana mendukung kegiatan diklat, dan pengelolaan dana anggaran diklat yang baik, (3) evaluasi process (proses) sudah baik, dikarenakan kesesuaian jadwal kegiatan, kinerja penyelenggara dan instruktur optimal, peserta mengikuti diklat dengan aktif dan baik, dan evaluasi dilakukan secara menyeluruh baik evaluasi peserta, instruktur maupun penyelenggara, (4) evaluasi product (produk) sudah baik, dikarenakan peserta menguasai materi dan sesuai dengan indikator ketercapaian program. Hasil evaluasi program pendidikan dan pelatihan Awak Sarana Perkeretaapian Muda dengan Penggerak non-Listrik Angkatan 12 di BPTT Darman Prasetyo Yogyakarta Tahun 2015 dengan menggunakan model evaluasi CIPP secara keseluruhan terlaksana dengan baik, tetapi masih perlu beberapa perbaikan terkait perngorganisasian kegiatan belajar dan proses pembelajaran guna menghasilkan kualitas dan kuantitas lulusan yang berkompeten dan profesional. %A Ayu Setiyaningrum