<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta. Penelitian ini dilihat dari sudut pandang guru dan siswa kelas III.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di 24 SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah guru kelas III sebanyak 35 dan siswa\r\nkelas III sebanyak 276 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas\r\ndan uji reliabilitas, sehingga dari 31 butir pernyataan ada 22 butir valid pada angket guru dan 21 butir valid pada angket siswa dan reliabilitas instrumen menggunakan\r\nteknik analisis koefisien Alpha Cronbach dengan hasil kreativitas guru dalam mengajar dilihat dari sudut pandang guru sebesar 0,863 dan dilihat dari sudut pandang siswa sebesar 0,810. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengajar berada dalam kategori sedang karena masih terdapat beberapa guru yang belum mengoptimalkan kreativitasnya dan masih dominan pada aspek mengadakan variasi metode pembelajaran dibandingkan ketiga aspek lainnya, yaitu menggunakan dan mengembangkan media, mengadakan variasi sumber belajar, serta mengadakan\r\nvariasi pengelolaan kelas. Perolehan presentase kreativitas guru dalam mengajar dilihat dari sudut pandang guru sebesar 71,43% dan dilihat dari sudut pandang siswa sebesar 66,67%. Sedangkan hasil belajar IPA berada dalam kategori sedang\r\nkarena masih terdapat beberapa siswa yang belum lulus KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan perolehan presentase sebesar 61,60%. Dari hasil perhitungan\r\nmenggunakan SPSS 16 diperoleh hasil bahwa dilihat dari sudut pandang guru rhitung = 0,689 dan rtabel = 0,334 (0,689 > 0,334) dan p = 0,000 (0,000 < 0,05), sedangkan\r\ndilihat dari sudut pandang siswa diperoleh rhitung = 0,320 dan rtabel = 0,113 (0,320 > 0,113) dan p = 0,000 (0,000 < 0,05). Karena keduanya memperoleh hasil rhitung lebih\r\nbesar dari rtabel dan probabilitas keduanya kurang dari 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sehingga terdapat hubungan positif\r\ndan signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri se-UPT wilayah Timur Yogyakarta.\r\nKata kunci: Kreativitas guru, mengajar, hasil belajar, IPA."^^ . "2016-08-31" . . . "PGSD"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, PGSD"^^ . . . . . . . . . "Saila Ajeng"^^ . "Alvida"^^ . "Saila Ajeng Alvida"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #40950 \n\nHUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SE-UPT WILAYAH TIMUR YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . . . "Pendidikan Guru Sekolah Dasar" . .