%0 Thesis %9 S1 %A Hangga, Sagita Permana %B U N Y %D 2014 %F UNY:40933 %I fakultas Teknik %K gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik, hasil belajar. %T PENGARUH PENGGUNAAN GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS XI SMAN 1 WONOTUNGGAL KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2013/2014 %U http://eprints.uny.ac.id/40933/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh gaya belajar Visual terhadap hasil belajar TIK, (2) Pengaruh gaya belajar Auditorial terhadap hasil belajar TIK, (3) Pengaruh gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar TIK, (4) Pengaruh gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar TIK. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Wonotunggal yang berjumlah 104 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner untuk variabel gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 7.3%; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 6.15%; (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 5.7%; (4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar TIK dengan kuat pengaruh sebesar 12.3%.