@phdthesis{UNY40916, author = {Hasna Umul Fitroh}, title = {[Ringkasan Skripsi] EFEKTIVITAS METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRUMBUNG}, year = {2016}, school = {FIS}, url = {http://eprints.uny.ac.id/40916/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui perbedaan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw; 3) Mengetahui keefektifan metode Outdoor Study untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung; 4) Mengetahui keefektifan metode Outdoor Study untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling, yaitu kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan ukuran efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016 yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw karena berdasarkan hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai probabilitas (sig){\ensuremath{>}}0,05 (0,365{\ensuremath{>}}0,05) sehingga tidak cukup bukti untuk menolak Ho; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016 yang menggunakan metode Outdoor Study dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney diperoleh nilai probabilitas (sig)0,05); 3) Metode Outdoor Study tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016; 4) Metode Outdoor Study efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Srumbung tahun ajaran 2015/2016. Efektivitas penggunaan metode Outdoor Study dalam meningkatkan hasil belajar IPS ditunjukkan dari hasil perhitungan ukuran efek d = 707 (0,2} }