%0 Thesis %9 S1 %A Weldhanie, Muhammad Rezki %B Pendidikan Seni Musik %D 2016 %F UNY:40901 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ANGKLUNG PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN METODEHAND SIGN KODALY PADA EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL MUSIK DI SMP NEGERI 9 YOGYKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/40901/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar angklung peserta didik menggunakan metode hand sign Kodaly pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri atas dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ansambel musik sebanyak 29 peserta didik dan seorang guru sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar penilaian tes praktik, obeservasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penilaian berpedoman pada instrumen penelitian yang telah divalidasi oleh expert. Validitas penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa validitas proses, validitas hasil, validitas katalik, validitas dialogis, dan validitas demokratik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode hand sign Kodaly dapat meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik pada kegiatan ekstrakurikuler ansambel musik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata yang dicapai siswa, yaitu perolehan nilai pada pra siklus sebesar 57,87, kemudian meningkat menjadi 60,44 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 65,34 pada siklus II. Dari hasil rata-rata nilai tersebut dapat dikatakan bahwa metode hand sign Kodaly dapat meningkatkan hasil belajar angklung peserta didik pada ekstrakurikuler ansambel musik di SMP Negeri 9 Yogyakarta.