%0 Thesis %9 S1 %A Ambar Lestari, Mufidatun %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:40880 %I PGSD %T PERBEDAAN EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK DAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SOMPOKAN KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/40880/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas metode pembelajaran talking stick dan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Sompokan. Hasil belajar IPS ditekankan pada aspek kognitif. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan adalah quasi experimental nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sompokan yaitu kelas VA berjumlah 28 orang dan kelas VB 26 orang. Berdasarkan hasil pretest, kelas VA ditetapkan sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Penelitian ini memiliki variabel bebas yaitu efektifitas metode pembelajaran talking stick dan efektivitas metode pembelajaran ceramah, variabel terikat yaitu hasil belajar IPS. Instrumen penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji t. Hasil penelitian ini yaitu rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen lebih tinggi yaitu 71.41 dibandingkan dengan kelompok kontrol yaitu 55.00. Hasil uji t dengan SPSS Statistics 20 diperoleh t hitung = 3.403 > t tabel = 2.01 dan signifikansi hitung = 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas metode pembelajaran talking stick dan metode pembelajaran ceramah terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Sompokan. Kata kunci: metode talking stick, metode ceramah, hasil belajar IPS