@phdthesis{UNY40879, year = {2016}, title = {PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA UNTUK KELAS V SD NEGERI SUROKARSAN YOGYAKARTA}, author = {Laily Syafa?ati}, school = {PGSD}, month = {August}, url = {http://eprints.uny.ac.id/40879/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modhul Pasinaon kagem Olah Gladhi Maos Aksara Jawa Klas V SD dan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli dan uji lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall. Langkah penelitian ini yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, serta diseminasi dan implementasi. Subjek uji lapangan adalah siswa kelas V SD Negeri Surokarsan tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi oleh ahli materi memperoleh skor akhir 4,75 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh skor akhir 4,5 dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba awal memperoleh skor 4,3 dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba utamamemperoleh skor 4,5 dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba operasional memperoleh skor 3,9 dengan kategori layak. Berdasarkan hasil tersebut, Modhul Pasinaon kagem Olah Gladhi Maos Aksara Jawa Klas V SD yang dikembangkan memenuhi kategori layak digunakan untuk membantu pemahaman keterampilan membaca aksara Jawa siswa kelas V SD Negeri Surokarsan. Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, membaca aksara Jawa} }