%0 Thesis %9 S1 %A Fatkhurokhim, Hadi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:40875 %I PGSD %T PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN TASIKMADU KARANGANYAR %U http://eprints.uny.ac.id/40875/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar se-Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Subyek penelitian ini adalah para guru di sekolah dasar se-Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar dengan jumlah populasi sebanyak 354 guru dan diambil sampel sebanyak 177 guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Instrumen penelitian berupa kuisioner tentang pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah dan data hasil penilaian kinerja guru yang telah dimiliki oleh sekolah. Validitas instrumen diuji dengan melakukan uji empirik menggunakan rumus Product Moment Karl Pearson. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian ini dianalisis menggunakan koefisien korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di sekolah dasar se-Kecamatan Tasikmadu, dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed)sebesar 0,406 yang lebih besar dari nilai sig. 0,05. Serta nilai koefisien korelasi sebesar 0,063 yang menandakan pelaksanaan supervisi pendidikan oleh kepala sekolah pengaruhnya sangat lemah terhadap kinerja guru. Kata kunci: supervisi pendidikan oleh kepala sekolah, kinerja guru