TY - THES ID - UNY40873 Y1 - 2016/08/30/ A1 - Julianto, Galih Probo PB - PGSD TI - HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD SE GUGUS TAMBAKROMO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted M1 - skripsi N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa SD kelas V se gugus di Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati tahun ajaran 2015/2016. Empat pertanyaan penelitian diajukan yang berhubungan dengan tujuan penelitian tersebut Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan mengambil sampel sebanyak 85 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur variabel kemampuan membaca pemahaman dan dokumentasi digunakan untuk mengukur variabel prestasi belajar IPS siswa. Instrumen yang diberikan, sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, untuk soal tes kemampuan membaca pemahaman diperoleh 28 item soal yang valid dan reliabilitas sebesar 0,904. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, dengan diperoleh hasil korelasi rhitung sebesar 0,956. Pada taraf signifikansi 5% didapatkan hasil 0,956 > 0,213. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan prestasi belajar IPS siswa SD kelas V se gugus di Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara variabel membaca pemahaman dengan variabel prestasi belajar IPS, dimana kenaikan variabel kemampuan membaca pemahaman akan diikuti oleh kenaikan pada variabel prestasi belajar IPS. Kata kunci : kemampuan membaca pemahaman, prestasi belajar IPS, SD UR - http://eprints.uny.ac.id/40873/ ER -