<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARANGULING BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF\r\nDAN MENYENANGKAN (PAKEM ) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BALONG\r\n\r\n"^^ . "\r\nABSTRAK\r\n\r\n\r\n\r\nPenelitian\tini\tbertujuan\tuntuk\tmengetahui\tpeningkatan\tefektivitas pembelajaran senam lantai guling belakang siswa kelas IV SD Negeri 2 Balong Samigaluh Kulon Progo dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap pertemuan waktunya 2 x 35 menit. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2\r\nBalong yang berjumlah 16 siswa. Dari awal pembelajaran pertemuan pertama sampai pembelajaran akhir pertemuan semua siswa mengikutinya. Tehnik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulasi sehingga menghasilkan data deskriptif dengan naratif mendeskripsikan seluruh kejadian dan deskriptif kuantitatif\tdengan\tprosentase\tyang\tmenunjukkan\thasil\tkuesioner\tdan perkembangan gerakan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran senam lantai guling belakang.\tHal\tini\tdibuktikan\tdengan\tadanya\tpeningkatan\tdalam\tsetiap pembelajaran. Dari hasil penilaian terlihat peningkatan pembelajaran sebanyak\r\n25% pada siklus I dan 31.25% pada siklus II. Selain itu terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang ditunjukkan dengan antusias siswa untuk mengikuti pembelajaran guling belakang, peningkatan kreatifitas siswa ditunjukkan dengan adanya siswa yang bertanya dan dapat menyelasaikan tugas yang diberikan guru. Peningkatan efektivitas pembelajaran ditunjukkan dengan peningkatan gerakan yaitu semua siswa dapat menyelesaikan tugas melakukan gerakan guling belakang dengan baik. Pembelajaran yang menyenangkan ditunjukkan dengan peningkatan motivasi siswa dan siswa nampak senang selama pembelajaran. Oleh karena itu tujuan dari pembelajaran dapat tercapai secara keseluruhan.\r\n\r\n\r\n\r\nKata Kunci: guling belakang, pakem, siswa\r\n"^^ . "2012-08-13" . . . "FIK"^^ . . . "UNY, FIK"^^ . . . . . . . . . ""^^ . "Sartilah"^^ . " Sartilah"^^ . . . . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARANGULING BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF\r\nDAN MENYENANGKAN (PAKEM ) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BALONG\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "ABSTRAK 45.doc"^^ . . . "\r\nUPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARANGULING BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF\r\nDAN MENYENANGKAN (PAKEM ) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BALONG\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #4086 \n\n \nUPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARANGULING BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF \nDAN MENYENANGKAN (PAKEM ) SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 BALONG \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Olahraga" . .