%0 Thesis %9 S1 %A GALANG WICAKSANA, FANDI %A Abdullah Taman, M.Si., Ak., CA., %B Pendidikan Akuntansi %D 2016 %F UNY:40824 %I Fakultas Ekonomi UNY %K Evaluasi, Sistem Manajemen Mutu, Standar ISO, PSG, Kepuasan Pelanggan %T EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERSTANDAR ISO 9001: 2008 TERHADAP HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA PADA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 BAWANG TAHUN AJARAN 2014 / 2015 %U http://eprints.uny.ac.id/40824/ %X Penelitian ini mempunyai empat tujuan yaitu Pertama, bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi konteks, input, proses, dan produk program PSG dengan diterapkannya sistem manajemen mutu berstandar ISO 9001:2008. Kedua, mendeskripsikan pelaksanaan PSG yang memuat tingkat efektivitas pelaksanaan PSG dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Ketiga, mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yaitu siswa dan DU/DI. Keempat, mendeskripsikan perbaikan kinerja Pokja Prakerin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, angket, wawancara, dan triangulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui yaitu Pertama, pelaksanaan evaluasi CIPP yaitu context, input, process, dan product dengan diterapkannya ISO 9001:2008 cukup baik. Kedua, pelaksanaan seluruh komponen PSG pada umumnya sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan PSG, efektivitas pelaksanaan PSG pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Bawang ditinjau dari keterlaksaaan seluruh komponennya adalah efektif dengan persentase keterlaksanaan 76,2%. Ketiga, tingkat kepuasan pelanggan SMK Negeri 1 Bawang dikategorikan Puas, dari siswa dengan persentase 75,1% termasuk kategori Puas dan dari DU/DI dengan persentase 69,4% termasuk kategori Puas. Keempat, pelaksanaan ISO 9001:2008 pada program PSG di SMK Negeri 1 Bawang telah berjalan baik.