TY - THES A1 - Romadoni, Diyah Ika PB - UNY Y1 - 2011/08/27/ N2 - Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui cara merancang SSP (Student Specific Pedagogy) berbasis domain proses Sains dengan model pembelajaran Learning Cycle sehingga dapat diketahui pengaruhnya dalam usaha menanamkan karakter siswa SMP, (2) mengetahui pengaruh implementasi SSP berbasis domain proses Sains terhadap penanaman karakter siswa SMP, dan (3) mengetahui karakteristik SSP berbasis domain proses sains untuk menanamkan karakter siswa SMP yang mencakup validitas dan keterpakaian di SMP. Penelitian ini termasuk Research and Development. Berikut langkah-langkah dalam mengembangkan SSP: 1) pengumpulan informasi dan penelitian pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf, 4) uji coba lapangan terbatas, 5) revisi produk awal), 6) uji coba luas, dan 7) revisi produk operasional. Produk SSP hasil pengembangan kemudian diujicobakan dalam uji coba terbatas dan luas. Subyek penelitian dalam uji coba lapangan luas berjumlah 15 siswa, sedangkan dalam uji coba luas berjumlah 35 siswa untuk kelas kontrol dan 35 siswa untuk kelas eksperimen. Hasil pengembangan SSP dinilai dengan sistem skor 5 kategori. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penanaman karakter digunakan analisis uji beda rata-rata dengan independent sample t-test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; Hasil pengembangan SSP dalam silabus berkategori baik pada skor 32,5, RPP berkategori baik pada skor 59, buku ajar berkategori baik pada skor 206,5, LKS berkategori sangat baik pada skor 110, penilaian dan pedoman penskoran proses Sains berkategori sangat baik pada skor 68, dan proses Sains berkategori sangat baik pada skor 39,5. Hasil uji independent sample t-test membuktikan bahwa nilai sig. hasil uji t pada ketercapaian penanaman karakter kerja keras sebesar 0,067, tanggung jawab sebesar 0,000, dan kreatif sebesar 0,000. Nilai taraf signifikansi ? = 0,05. Karena nilai tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti ada perbedaan signifikan pada ketercapaian penanaman karakter tanggung jawab dan kreatif antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran SSP hasil pengembangan. UR - http://eprints.uny.ac.id/40780/ TI - Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SSP) Berbasis Domain Proses Sains untuk Menanamkan Karakter Siswa SMP AV - public KW - Subject Specific Pedagogy (SSP) KW - berbasis domain proses sains KW - karakter siswa ID - UNY40780 M1 - tesis ER -