<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengelolaan kelas di\r\nSD Muhammadiyah Sapen Kota Yogyakarta; (2) hambatan dan upaya yang\r\ndilakukan dalam pelaksanaan pengelolaan kelas di SD Muhammadiyah Sapen\r\nKota Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan penyajian secara\r\ndeskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah dan guru/wali kelas.\r\nPengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan\r\ndata menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan\r\nmodel interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahapan pengumpulan data,\r\nreduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan\r\nHasil penelitian menunjukan (1) Pengelolaan kelas di SD Muhammadiyah\r\nSapen yaitu dengan menggunakan pendekatan elektis/pluralistik sehingga terjalin\r\nhubungan yang positif. Teknik pembinaan dan penerapan disiplin guru\r\nmenerapkan tindakan preventif berupa aturan, untuk pemeliharaan dan\r\npeningkatan disiplin guru menerapkan tindakan korektif berupa sanksi. Guru\r\nmengelola interaksi belajar dengan menerapkan kurikulum 2013 dan pendidikan\r\nkarakter, agar kelas kondusif guru melakukan dengan berhitung bahasa arab.\r\nGuru juga menerapkan hukuman dan hadiah, hukuman berupa tadarus/baca doa,\r\nmengerjakan tugas dan piket kelas, kemudian hadiah berupa bintang prestasi dan\r\npin/bingkisan. Tempat duduk diatur secara tradisional, setengah lingkaran dan\r\nberkelompok, serta posisi duduk siswa berpindah-pindah. Guru mengatur media\r\npembelajaran setahun sekali di awal semester, dan menerapkan jadwal piket serta\r\nmemasang hasil karya siswa untuk menjaga kebersihan dan keindahan kelas. (2)\r\nHambatan bersumber dari lingkungan fisik yaitu jumlah rombel besar sehingga\r\nguru kesulitan dalam pengaturan ruang. Upaya yang dilakukan yaitu koordinasi\r\ndengan guru yang bersangkutan dan melakukan penjadwalan. Hambatan\r\nbersumber dari kondisi sosio-emosional yaitu guru kesulitan memusatkan\r\nperhatian siswa. Upaya yang dilakukan yaitu membuat kelompok belajar.\r\nHambatan bersumber dari kondisi organisasional yaitu kedisiplinan kurang dan\r\nkenakalan siswa. Upaya yang dilakukan yaitu memberikan nasehat, pembinaan,\r\nkomunikasikan dengan orangtua dan menindaklanjuti dengan layanan psikolog."^^ . "2016-08-29" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Esti"^^ . "Esti"^^ . "Esti Esti"^^ . . . . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "Esti_12101244008.pdf"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH\r\nSAPEN KOTA YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #40743 \n\nPENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH \nSAPEN KOTA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Administrasi Pendidikan" . .