%0 Thesis %9 S1 %A Asti, Cahyaningtyas %B Jurusan Pendidikan Luar Biasa %D 2016 %F UNY:40719 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPAKAIAN MELALUI METODE DRILL PADA ANAK CEREBRAL PALSY DI SEKOLAH LUAR BIASA DAYA ANANDA %U http://eprints.uny.ac.id/40719/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpakaian pada anak cerebral palsy di Sekolah Luar Biasa (SLB) Daya Ananda melalui metode drill dan untuk mengetahui proses peningkatan kemampuan berpakaian anak cerebral palsy melalui metode drill di SLB Daya Ananda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus tindakan. Subyek penelitian adalah seorang siswa cerebral palsy kelas VIII di SLB Daya Ananda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpakaian anak cerebral palsy dapat ditingkatkan melalui metode drill. Subyek selalu memperhatikan dan mengikuti instruksi guru serta terlibat aktif dalam latihan berpakaian secara bertahap dan berulang, sehingga latihan yang diberikan guru menjadikan kemampuan berpakaian anak meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan setelah dilakukan tindakan. Pada siklus I subyek RN mengalami peningkatan pencapaian nilai sebesar 6,06. Adapun pelaksanaan tindakan pada siklus II terdapat perbaikan yaitu guru lebih mempertegas langkah-langkah berpakaian, guru mengganti kancing mata pada pakaian dengan kancing cetet, dan guru memberikan reward berupa kata-kata pujian serta tindakan (tepuk tangan) untuk anak setelah melakukan kegiatan berpakaian. Hasil pelaksanaan tindakan siklus II subyek RN mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 24,24 dari kriteria cukup menjadi baik.