TY - THES Y1 - 2011/07/30/ KW - pembelajaran kooperatif tipe STAD KW - pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw KW - motivasi belajar KW - sikap KW - kemampuan pemecahan masalah matematika ID - UNY40698 AV - public A1 - Sutarto, Sutarto PB - UNY TI - Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw Ditinjau Dari Motivasi Belajar, Sikap, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMA M1 - tesis N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw ditinjau dari motivasi belajar, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah matematika; dan 2) Menyelidiki model pembelajaran kooperatif yang lebih efektif antara tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dibandingkan dengan Jigsaw ditinjau dari motivasi belajar, sikap, dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian tersebut menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMA Tri Dharma Kosgoro. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel. Kelas yang diperoleh adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Kelas XI IPA 2 dikenai perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe STAD dan XI IPA 1 dikenai perlakuan berupa pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar (r_(?xx?^' )=0,89), angket sikap matematika (r_(?xx?^' )=0,89), dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika (r_(?xx?^' )=0,81). Untuk mengetahui efektif tidaknya pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada masing-masing variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji t-test one sample pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two-group MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif ditinjau dari motivasi belajar, sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan 2) tidak ada yang lebih efektif antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari motivasi belajar, sikap dan kemampuan pemecahan masalah matematika. UR - http://eprints.uny.ac.id/40698/ ER -