TY - THES A1 - Putra Aldino, Arjuna PB - Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2016/08/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis struktur realitas yang ditransfer dan dikonstruksi oleh game edukasi sebagai media pembelajaran menurut teori simulacra Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis untuk mengungkap fenomena dibalik realitas yang dikontruksi oleh game edukasi. Sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian basic research, yang artinya penelitian ini berkontribusi bagi ilmu pengetahuan dan pengembangan teori. Objek material dalam penelitian ini ialah game Dora The Explorer seri Candy Land dan teori simulacra Jean Baudrillard sebagai objek formal dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, Sedangkan unsur-unsur yang menjadi fokus pengamatan dalam penelitian ini ialah Visual Effect, Animation, Visual Character, dan Game Play. Penelitian ini menggunakan metode analisis teks sebagai metode analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa realita yang dikontruksi oleh game Dora The Explorer seri Candy Land ini ialah realitas simulacra, yakni realita maya namun nampak nyata. Bahkan ia menghasilkan sebuah dunia hiperealitas, yakni dunia yang tak lagi mengacu pada realitas nyata. Kemudian ditemukan bahwa internalisasi nilai yang ada didalam game ini memungkinkan pemain mengidentifikasikan dirinya dengan konsep-konsep diri yang dibangun oleh dunia virtual. UR - http://eprints.uny.ac.id/40695/ TI - SIMULAKRA DALAM GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY40695 ER -