eprintid: 40682 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/04/06/82 datestamp: 2016-08-25 08:15:08 lastmod: 2019-10-01 12:03:07 status_changed: 2016-08-25 08:15:08 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Norrini Dwi Astuti, Norrini Dwi Astuti title: LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: PPL, kegiatan pembelajaran dan hasil PPL abstract: Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Universitas Negeri Yogyakarta. Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. SMA Negeri 1 Banguntapan adalah salah satu sekolah negeri di Kabupaten Bantul yang beralamat di Ngentak, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Program PPL di sekolah ini dimulai pada tanggal 1 Juli 2014 dan berakhir pada tanggal 17 September 2014. Praktik Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Kegiatan yang perlu dilakukan sebelum proses pembelajaran antara lain pembuatan perangkat pembelajaran seperti jam pembelajaran efektif, program semester, program tahunan, RPP, dan pembuatan media pembelajaran. Dalam bimbingan PPL, mahasiswa (penulis) mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pembelajaran di kelas XI MIA 1, 2, 3, 4 dan XI IIS 1, 2, 3. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dan sistem yang digunakan adalah sistem pembelajaran Saintifik. Penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan adalah dengan metode diskusi, latihan soal, dan kerja kelompok. Sedangkan media yang digunakan adalah latihan soal, papan tulis, spidol, lembar kerja untuk mengetahui kemapuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Pada tahap pelaksanaan, mahasiswa diberi kesempatan mengajar minimal sebanyak 8 kali, dalam praktiknya penyusun telah mengajar sebanyak 25 pertemuan dengan alokasi masing-masing 45 menit dalam satu jam pelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penyusunan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing. date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Norrini Dwi Astuti, Norrini Dwi Astuti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 2 JULI – 17 SEPTEMBER 2014 SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/40682/1/LAPORAN%20INDIVIDU.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/40682/2/BAB%20123.pdf