<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan perbendaharaan kata melalui\r\npendekatan kontekstual siswa tunarungu kelas I di SLB B Wiyata Dharma 1\r\nSleman Yogyakarta.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian\r\ntindakan kelas dan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc\r\nTaggart (1993: 32). Subjek penelitian yaitu 3 siswa tunarungu kelas dasar I\r\nSDLB. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan\r\nmelalui teknik tes untuk mengukur tingkat keterampilan perbendaharaan kata\r\nsubjek, teknik observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses tindakan,\r\ndan teknik dokumentasi untuk menganalisa data pelengkap berupa foto dan\r\ncatatan khusus. Analisis data deskripstif kuantitatif yang dilanjutkan dengan\r\nteknik komparatif, yaitu membandingkan hasil tes pra tindakan dan hasil tes pasca\r\ntindakan.\r\nHasil dari tes pra tindakan subjek SLS mendapat skor 43,3%, subjek BDN\r\nmendapat skor 50% dan subjek ILM mendapatkan skor 60%. Hasil tes pasca\r\ntindakan siklus I yang dicapai salah satu subjek belum mampu memenuhi\r\nindikator keberhasilan yang ditetapkan. Subjek SLS memperoleh nilai 60%, BDN\r\nmemperoleh nilai 66,7% dan ILM memperoleh 76,7%. Peningkatan tersebut\r\ndilakukan dengan tindakan mengidentifikasi benda-benda di dalam dan luar kelas.\r\nSubjek BDN dan ILM telah melampui KKM dan SLS belum mencapai KKM.\r\nSetelah pelaksanaan siklus II, seluruh subjek telah mampu memenuhi KKM yang\r\nditetapkan, yaitu sebesar 65. Subjek SLS memperoleh skor 70%, BDN\r\nmemperoleh skor 80% dan ILM memperoleh skor 85%. Dengan tindakan\r\nmengidentifikasi bagian tubuh, menunjuk organ tubuh, menjodohkan kata dengan\r\nmenunjuk organ tubuh dan mengucapkannya. Dengan demikian, dapat\r\ndisimpulkan bahwa keterampilan perbendaharaan kata dapat ditingkatkan melalui\r\npendekatan kontekstual bagi siswa tunarungu kelas I di SLB B Wiyata Dharma 1\r\nSleman Yogyakarta."^^ . "2015-12-25" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Hidayat"^^ . "Rachmat"^^ . "Hidayat Rachmat"^^ . . . . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "RACHMAT HIDAYAT_11103244031.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU\r\nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN\r\nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #40656 \n\nPENINGKATAN PERBENDAHARAAN KATA ANAK TUNARUNGU \nPADA KELAS 1 MELALUI PEMBELAJARAN PENDEKATAN \nKONTEKSTUAL DI SLB B WIYATA DHARMA 1 SLEMAN \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Luar Biasa" . .