%0 Thesis %9 S1 %A Indria Hastuti, Herlin %B Jurusan Pendidikan Luar Biasa %D 2015 %F UNY:40642 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH UNTUK MENGENALKAN KONSEP ANGGOTA TUBUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/40642/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan multimedia berbasis flash untuk mengenalkan konsep anggota tubuh bagi anak tunagrahita kategori sedang kelas I di SLB Yapenas Yogyakarta. Keefektifan multimedia berbasis flash “Mengenalkan Konsep Anggota Tubuh” dapat dilihat dari peningkatan kemampuan pemahaman pada tes mengenal konsep anggota tubuh oleh subjek setelah diberikan intervensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A’. Subjek penelitian yaitu seorang anak tunagrahita kategori sedang kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan selama fase Baseline 1, intervensi, dan Baseline 2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pada kemampuan mengenal konsep anggota tubuh subjek memperlihatkan adanya frekuensi peningkatan pemahaman konsep anggota tubuh pada 3 sesi baseline 1 (A) yaitu: A1= 1, A2=1, A3=1, frekuensi peningkatan dikatakan stabil karena cenderung menetap. Frekuensi peningkatan yang ditunjukkan subjek selama 5 sesi intervensi (B) yaitu: B1=3, B2=6, B3=8, B4=9, B5=9, sedangkan frekuensi peningkatan pemahaman konsep anggota tubuh pada 2 sesi baseline 2 (A’) yaitu: A’1=9, A’2=9. Keefektifan tersebut juga didukung oleh persentase overlap yang rendah yaitu 0%. Perubahan level yang terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline 2 (A’/B) untuk kemampuan mengenal konsep anggota tubuh yaitu (+6). Keefektifan multimedia berbasis flash untuk mengenalkan konsep anggota tubuh pada penelitian ini berdasarkan perbandingan hasil yang diperoleh pada baseline 1 dan baseline 2. Apabila Frekuensi Peningkatan Pemahaman Konsep pada baseline 2 lebih banyak dibandingkan pada baseline 1 maka Multimedia Berbasis Flash “Mengenalkan Konsep Anggota Tubuh” efektif terhadap kemampuan mengenal anggota tubuh pada anak tunagrahita kategori sedang.