relation: http://eprints.uny.ac.id/40641/
title: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN  UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT  MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL  DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING
creator: Purnamasari, Kartina
creator: Lestari, Himmawati Puji
subject: Matematika
description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran  berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa  (LKS) menggunakan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran probing  prompting pada materi segitiga dan segi empat. Kualitas produk pengembangan  dinilai berdasarkan: 1) aspek kevalidan, 2) aspek kepraktisan, dan 3) aspek  keefektifan.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model  pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan pokok yaitu analysis, design,  development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas VIIB SMP Negeri 2 Kretek. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh  data kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu: 1) lembar  penilaian RPP dan LKS untuk mengukur kevalidan, 2) angket respons dan lembar  observasi untuk mengukur kepraktisan, dan 3) tes hasil belajar untuk mengukur  keefektifan.  Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid  ditunjukkan oleh skor rata-rata RPP yaitu 4,2 dari skor maksimal 5 yang berarti  baik dan skor rata-rata LKS yaitu 4,4 dari skor maksimal 5 yang berarti sangat  baik. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis  ditunjukkan oleh skor rata-rata respons siswa yaitu 3,5 dari skor maksimal 4 yang  berarti baik, skor rata-rata respons guru yaitu 3,2 dari skor maksimal 4 yang  berarti baik, dan persentase hasil observasi pembelajaran 84,38 % yang berarti  baik. Kualitas keefektifan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif  ditunjukkan oleh persentase ketuntasan siswa yaitu 80% yang berarti baik.  Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan kontekstual, model  pembelajaran probing prompting, segitiga dan segi empat
date: 2016-08-22
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/1/1.%20PENDAHULUAN.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/2/2.%20BAB%20I%20PENDAHULUAN.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/3/3.%20BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/4/4.%20BAB%20III%20METODE%20PENELITIAN.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/5/5.%20BAB%20IV%20HASIL%20PENELITIAN%20DAN%20PEMBAHASAN.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/6/6.%20BAB%20V%20SIMPULAN%20DAN%20SARAN.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/7/7.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/40641/8/8.%20LAMPIRAN.pdf
identifier:   Purnamasari, Kartina and Lestari, Himmawati Puji  (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK SMP KELAS VII MATERI SEGITIGA DAN SEGI EMPAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING.  S1 thesis, UNY.