TY - GEN N2 - Pelatihan Seni Kaca Patri bagi Guru-Guru Seni Budaya SMP se Kabupaten Sleman sebagai Materi Pengayaan Pelajaran Seni Budaya ini bertujuan untuk memperkaya materi seni budaya dan menambah wawasan Guru-Guru SMP mengenai pengembangan media baru sebagai pengayaan materi pembelajaran seni budaya. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah Metode Presentasi mengenai pengenalan materi seni kaca patri dan sejarahnya, pengantar dasar-dasar seni kaca patri dan penerapannya, pengenalan alat dan teknik pembuatan seni kaca patri, Metode demonstrasi mengenai pembuatan desain, teknik pembentukan dan pemotongan kaca sesuai desain, teknik pengikatan kaca dengan lempengan timah hitam, dan diakhiri dengan metode praktek langsung secara mandiri dibawah bimbingan tim pengabdi. Metode evaluasi dengan mengamati perbedaan kemampuan guru sebelum dan setelah pelatihan. Dari hasil yang dicapai terlihat peningkatan kemampuan yang cukup signifikan dibanding dengan sebelum dilatih, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta . Evaluasi hasil dilihat dari penilaian tugas praktik yang menggambarkan keberhasilan materi yang telah disajikan. Selain itu juga dicermati kinerja dan partisipasi para peserta. Di akhir kegiatan Tim menjaring data kebermaknaan program pada para peserta. Diharapkan agar program pelatihan ini terus diadakan karena sangat dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci : Pelatihan Seni kaca patri, pengayaan materi seni budaya, Guru SMP. UR - http://eprints.uny.ac.id/4061/ CY - Yogyakarta Y1 - 2010/09// ID - UNY4061 AV - public A1 - Dwi Retno Sri Ambarwati, M.Sn, Retno PB - FBS UNY TI - PELATIHAN SENI KACA PATRI BAGI GURU-GURU SENI BUDAYA SMP SE KABUPATEN SLEMAN SEBAGAI MATERI PENGAYAAN PELAJARAN SENI BUDAYA ER -