%0 Thesis %9 S1 %A Merry Dita, Rahmatika %B Administrasi Pendidikan %D 2016 %F UNY:40590 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN ANIMO CALON PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (SD) JOGJA GREEN SCHOOL %U http://eprints.uny.ac.id/40590/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Upaya yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan animo calon peserta didik di Sekolah Dasar (SD) Jogja Green School, (2) Upaya SD Jogja Green School menyelesaikan kendala yang terjadi dalam meningkatkan animo calon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Orang tua, dan siswa. Lokasi penelitian di SD Jogja Green School, Dusun Jambon RT. 04/RW. 22, Trihanggo, Gamping, Sleman. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model interaktif (Miles dan Huberman). Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Analisis Prestasi Pemasaran dilakukan dengan kegiatan menganalisis hasil pemasaran atau pencapaian tahun lalu meliputi strategi pemasaran yang digunakan, media promosi, dan pembentukan panitia/penetuan personil. Kegiatan ini dilakukan oleh panitia PPDB, karena SD Jogja Green School tidak ada panitia khusus promosi. (2) Identifikasi dan analisis pasar berdasarkan hasil riset pasar yang dilakukan oleh pengelola Jogja Green School, yang menunjukkan hasil bahwa banyak orangtua siswa TK Jogja Green School yang mengusulkan agar dibuka juga sebuah sekolah dasar (SD). (3) Segmentasi dan positioning. Target pemasaran SD Jogja Green School saat ini acak, sehingga siapa saja boleh bersekolah di sini termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). (4) Diferensiasi di SD Jogja Green School ini di antaranya konsep pembelajaran yang berbasis alam, metode, teknik, dan sistem pembelajaran, serta beberapa program spesial. (5) Promosi yang dilakukan dengan media cetak, mengadakan lomba, Open house dan seminar, serta media elektronik. (6) Evaluasi Promosi dilakukan setelah kegiatan selesai dan pada kegiatan seminar, lomba, dan open house. Akan tetapi untuk kegiatan yang lainnya tidak. (7) Kendala yang ditemui SD Jogja Green School dalam memasarkan Pendidikan, pertama karena sekolah ini masih baru sehingga masyarakat belum tahu keberadaannya, solusinya yaitu dengan mengoptimalkan segala bentuk promosi yang bisa mereka lakukan. Kedua dalam hal SDM karena memang di SD Jogja Green School belum ada tenaga khusus pemasaran, Solusinya adalah dengan melibatkan peran orangtua dari siswa untuk ikut serta dalam kegiatan promosi.