@phdthesis{UNY40537, school = {FIS}, title = {PENERAPAN METODE DEBAT AKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA KELAS VII F SMP NEGERI 3 MAJALENGKA}, author = {Nuzlul Ramdhan Galih Saputro}, year = {2016}, url = {http://eprints.uny.ac.id/40537/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII F SMPN 3 Majalengka menggunakan Metode Debat Aktif, (2) peningkatan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran IPS di kelas VII F SMPN 3 Majalengka dengan menggunakan Metode Debat Aktif. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi sesuai dengan model Kemmis \& Taggart. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis data interaktif model Miles \& Huberman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Majalengka dengan jumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) upaya meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran IPS menggunakan Metode Debat Aktif dilaksanakan melalui langkah-langkah Metode Debat aktif yaitu: (a) guru menyusun pernyataan terkait pembelajaran; (b) guru membentuk kelas menjadi kelompok besar (pro dan kontra) dan kecil; (c) siswa mendiskusikan pernyataan yang disampaikan guru dan menentukan juru bicara pembuka; (d) siswa menyampaikan pendapat pembuka; (e) siswa berdiskusi membahas pernyataan pembuka kelompok lawan dan menyiapkan juru bicara kedua; (f) siswa menyampaikan pendapat tanggapan; (g) debat berakhir jika dirasa cukup tanpa menunjuk pemenang. Pembagian kelompok dilakukan pada pertemuan pertama, kemudian pertemuan selanjutnya menggunakan kelompok hasil pembagian pertemuan pertama; 2) peningkatan hasil belajar dan keterampilan berbicara pada penerapan Metode Debat dalam pembelajaran IPS yaitu: (a) hasil belajar yang mengalami peningkatan dari siklus I 71,91 menjadi 76,47 pada siklus II; (b) keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 70,84\% menjadi 78,27\% pada siklus II. Peningkatan sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ? 75, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.} }