<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "[Ringkasan Skripsi] PERBEDAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING DAN CO-OP CO-OP TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing dibandingkan teknik co-op co-op pada pembelajaran IPS, dan 2) Perbedaan Aktivitas belajar siswa menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing dibandingkan teknik co-op co-op pada pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Multiple–Group Design, menggunakan dua kelas eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan, sedangkan sampelnya yaitu kelas VII D dan VII E. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan observasi. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi konstruk, dan empiris. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran co-op co-op dibandingkan kelas yang menggunakan teknik kancing gemerincing. Perbedaan motivasi belajar yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t thitung>ttabel yaitu thitung = 2,139 lebih besar dari ttabel = 1,998. (2) ada perbedaan yang signifikan pada aktivitas belajar siswa antara kelas yang menggunakan teknik pembelajaran co-op co-op dibandingkan yang menggunakan teknik kancing gemerincing. Perbedaan aktivitas belajar yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t thitung>ttabel yaitu thitung = 2,450 lebih besar dari ttabel = 1,998. Atas dasar hal tersebut dapat disimpulkan kelas eksperimen 2 mempunyai hasil lebih baik dibandingkan dengan kelas eksperimen 1, baik dari segi motivasi maupun aktivitas belajar.\r\n\r\n\r\n\r\nKata Kunci: Teknik Pembelajaran Kancing Gemerincing, Teknik Co-op Co-op, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar"^^ . "2016" . . . "FIS"^^ . . . "Pendidikan IPS, FIS"^^ . . . . . . . . . "Mega Indri"^^ . "Paksi"^^ . "Mega Indri Paksi"^^ . . "Agus Sudarsono"^^ . . . . . . . "[Ringkasan Skripsi] PERBEDAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING DAN CO-OP CO-OP TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN (Slideshow)"^^ . . . "Ringkasan Skripsi 12416244018.swf"^^ . . "HTML Summary of #40520 \n\n[Ringkasan Skripsi] PERBEDAAN TEKNIK PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING DAN CO-OP CO-OP TERHADAP MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KALASAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan IPS" . .