%0 Report %9 Project Report %A RAHMAT WIDADI, RAHMAT WIDADI %D 2014 %F UNY:40465 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, Pembelajaran, Lapangan, SMK N 3 Wonosari, Penilaian %T LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK NEGERI 3 WONOSARI PERIODE 1 JULI s.d. 17 SEPTEMBER 2014 %U http://eprints.uny.ac.id/40465/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan istilah kependidikan yang bersifat intrakurikuler yang dilaksanakan mahasiswa yang menyangkut tugas kependidikan, baik berupa persiapan administrasi mengajar, praktek mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan utama dari kegiatan PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, sehingga mahasiswa memiliki pengalaman yang nyata dan dapat dipakai sebagai bekal untuk mengembangkan potensi. Pelaksanaan program PPL khusus untuk mahasiswa program studi kependidikan ini memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan (calon guru) yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang profesional, maka pelaksanaan PPL akan sangat membantu mahasiswa dalam menjajagi realita dunia kependidikan dan sebagai sarana untuk menerapkan ilmu yang diperolehnya selama mengikuti perkuliahan. Kegiatan PPL dilaksanakan dari tanggal 1 Juli s.d. 17 September 2014 bertempat di SMK N 3 Wonosari yang beralamat di Jalan Pramuka No.8 Wonosari, Gunungkidul. Kegiatan PPL ini terdiri dari dua tahap utama yaitu persiapan PPL dan pelaksanaan PPL dan evaluasi. Persiapan PPL yang dilakukan meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembimbingan PPL, dan persiapan sebelum mengajar. Sedangkan pelaksanaan PPL meliputi Perencanaan RPP, pelaksanaan praktik mengajar terbimbing, dan praktik mengajar mandiri. Evaluasi dari kegiatan PPL ini ditujukan untuk peserta didik dan mahasiswa yang bersangkutan untuk menilai hasil dari kegiatan PPL. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini adalah mahasiswa mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan dalam hal kependidikan. Seperti bagaimana menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik sesuai dengan ketentuan di SMK N 3 Wonosari, Penyusunan Materi Ajar, pengembangan media dan alat evaluasi, melaksanakan administrasi guru, menerapkan inovasi pembelajaran dan masih banyak pengalaman yang berguna di kemudian hari. Semua pengalaman ini semoga dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dan dapat dijadikan bekal dalam pengabdian diri di masyarakat di masa yang akan datang.