@phdthesis{UNY40435,
            year = {2016},
          school = {fakultas Teknik},
          author = {Mulyani Siti},
           title = {PEMANFAATAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
BAGI SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2010/2011
DI SMK N 2 DEPOK},
           month = {August},
        abstract = {PEMANFAATAN DAN PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH
BAGI SISWA KELAS XI TAHUN AJARAN 2010/2011
DI SMK N 2 DEPOK
Siti Mulyani
06502241031
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pemanfaatan perpustakaan
sekolah bagi siswa kelas XI tahun ajaran 2010/2011 di SMK N 2 Depok 2)
mengetahui pemberdayaan perpustakaan sekolah bagi siswa kelas XI tahun ajaran
2010/2011 di SMK N 2 Depok. Hal ini mengingat lembaga penyelenggaraan
pendidikan harus menyediakan sumber belajar. Sumber belajar yang dimaksud
ialah perpustakaan sekolah. Dalam hal peningkatan mutu pendidikan,
perpustakaan ikut berperan penting sebagai penyedia sumber belajar. Keberadaan
perpustakaan belum optimal dalam pemanfaatan dan pemberdayaannya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengumpulkan
informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut
apa adanya pada saat penelitian dilakukan yang bertujuan untuk membuat
penjelasan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifatsifat
populasi atau daerah tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XIsebanyak 165 siswa. Data penelitian diperoleh dari angket siswadan
dokumentasi mengenai perpustakaan. Penentuan sampel menggunakan
proportional random sampling.Validitas instrumen berdasarkan judgement
experts sebanyak dua orang dan reliabilitas diukur menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan masih
kurang baik untuk koleksi bahan pustaka (6,67\%) maupun fasilitas internet (20\%).
Hal ini dikarenakan kurang menariknya koleksi dan internet sering tidak
terhubung. Responden memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat berdiskusi
(46\%). Pemanfaatan koleksi kurang yang dikarenakan pemberdayaan
perpustakaan pun masih kurang terealisasikan bagi siswa. Usaha promosi
perpustakaan bagi siswa belum banyak dilakukan (80\%). Dalam hal ini, usaha
promosi dapat dilakukan sesuai kemampuan sekolah seperti pemberian brosur
maupun pengadaan acara bertema perpustakaan sekolah.
Keyword: deskriptif,pemanfaatan perpustakaan, pemberdayaan perpustakaan},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/40435/}
}