%0 Thesis %9 S2 %A Nurkasanah, Nurkasanah %B Program Pascasarjana %D 2011 %F UNY:40416 %I UNY %K pembelajaran berbasis masalah, inkuiri terbimbing, kemampuan penalaran, sikap siswa %T Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Penalaran dan Sikap Siswa SMP %U http://eprints.uny.ac.id/40416/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2010/2011 dan (2) membandingkan keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the pretest-posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen satu dan kelompok eksperimen dua. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul yang terdiri dari 6 kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara random hasilnya kelas VIIIB dan VIIIC sebagai sampel penelitian. Selanjutnya dari kedua kelas diundi untuk mendapatkan kelas dimana dengan pembelajaran berbasis masalah dan mana dengan pembelajaran inkuiri terbimbing. Hasil undian diperoleh kelas VIIIB yang diajar melalui pembelajaran berbasis masalah, dan kelas VIIIC yang diajar melalui pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test yaitu instrumen kemampuan penalaran dan instrument nontes yaitu instrumen sikap siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap siswa terhadap matematika menggunakan uji one sample t-test. Untuk membandingkan keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap siswa terhadap matematika menggunakan uji T2 Hotelling dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran berbasis masalah dan inkuiri terbimbing efektif ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2010/2011 dan (2) pembelajaran berbasis masalah lebih efektif daripada inkuiri terbimbing ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap terhadap matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banguntapan Bantul tahun pelajaran 2010/2011.