%0 Thesis %9 S1 %A Sasongko Aji, Agil %A Dr. Nurhadi, %A Kusmarwanti, MA, %B Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia %D 2016 %F UNY:40344 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STORYBOARD TECHNIQUE DALAM MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TEMPEL, SLEMAN %U http://eprints.uny.ac.id/40344/ %X Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan storyboard technique dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan storyboard technique, dan (2) keefektifan penggunaan storyboard technique dalam menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tempel, Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa storyboard technique dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3Tempel, Sleman. Teknik pengambilan sampel adalahcluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIICsebagai kelas kontrol.Validitas yang digunakan adalah validitas isi denganexpert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas danhomogenitas menunjukkandata penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Pertama, hasil perhitungan uji-t skor postest kelompok eksperimen dan postest kelompok kontrol menghasilkan thitungadalah 3.606 dengan db 54 diperoleh nilai p sebesar 0,001. Nilai p lebih kecil dari 5% (p<0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakanstoryboard techniquedan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan storyboard technique. Kedua,hasil perhitungan uji-t skorpretest dan postest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 13,171 dengan db 27 diperoleh nilai p 0,000.Pretest dan postest kelompok kontrol diperoleh thitung 10,115 dengan db 27 dan diperoleh p 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa storyboard technique efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMPNegeri3Tempel, Sleman.