TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Widiyatma, Anggi N2 - Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk game yang akan memotivasi siswa untuk menulis pantun kreatif pada siswa SMA kelas XI. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran dalam bentuk game pada pembelajaran menulis pantun untuk siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini hanya terfokuskan hanya sampai uji validasi. Prosedur pengujian pada penelitian dan pengembangan ini ada beberapa tahap (1) penelitian terhadap produk yang telah ada, (2) studi literatur, (3) perencanaan pengembangan produk, (4) produk tahap awal, (5) pengujian internal desain, (6) revisi produk. Pada uji validasi dilakukan oleh ahli materi (Bapak Dr. Nurhadi, S.Pd., M.Hum.) dan ahli media (Bapak Deni Hardianto, M.Hum.). Uji Validasi dilakukan secara dua tahap yaitu tahap I dan tahap II sesuai dengan kisi-kisi pada lembar angket validasi. Berdasarkan hasil penilaian validasi yang dilakukan Bapak Deni Hardianto, M.Hum. (dosen ahli media) pada tahap I memiliki nilai rata-rata 3,08 (aspek tampilan dan pemrograman) berkategori ?cukup baik? dan 3,69 pada tahap II berkategori ?baik?. Hasil penilaian validasi yang dilakukan oleh Bapak Dr. Nurhadi, S.Pd., M.Hum. (dosen ahli materi) pada tahap I memiliki nilai rata-rata 4,47 (aspek kualitas pembelajaran dan isi) berkategori ?sangat baik? dan 4,66 pada tahap II dengan kategori ?sangat baik?. Kelayakan produk berdasarkan hasil penilaian validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media memiliki nilai rata-rata akhir (1) pada aspek pemrograman dinyatakan ?baik? dengan nilai rata- rata 3,62 (kelayakan 72,4%) (2) pada aspek tampilan dinyatakan ?baik? dengan nilai rata-rata 3,77 (kelayakan 75,4%) (3) pada aspek kualitas pembelajaran dinyatakan ?sangat baik? dengan nilai rata-rata 4,71 (kelayakan 94,2%) dan (4) pada aspek isi dinyatakan ?sangat baik? dengan nilai rata-rata 4,61 (kelayakan 92,2%). Berdasarkan hasil nilai rata-rata tersebut, media dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran meskipun masih perlu perbaikan kembali pada tata penulisan jika ingin melanjutkan pada uji lapangan. Y1 - 2016/08/19/ UR - http://eprints.uny.ac.id/40343/ M1 - skripsi ID - UNY40343 AV - public TI - PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAME PETUALANGAN BERBASIS RPG-MAKER XP UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA SMA KELAS XI ER -