<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bermain drama \r\ndengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri \r\n1 Kretek Bantul. \r\n Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek \r\npenelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kretek Bantul tahun \r\npelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua \r\nsiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencaan, pelaksanaan \r\ntindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan \r\nangket, wawancara, pengamatan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. \r\nAnalisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang didukung oleh data \r\nkuantitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas (proses, hasil, demokratis, \r\ndan dialogis) dan reliabilitas. \r\n Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode sosiodrama dapat \r\nmeningkatkan keterampilan bermain drama pada siswa kelas XI-IPA 1 SMA \r\nNegeri 1 Kretek Bantul. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan siswa dari \r\npratindakan dengan nilai rata-rata hitung sebesar 18,84 (31,4%), siklus I sebesar \r\n44,28 (73,8%), siklus II mencapai 49,6 (82,67%). Dari siklus I sampai siklus II \r\nmengalami peningkatan sebesar 5,32 (8.87%). Peningkatan keterampilan siswa \r\ndalam bermain drama dari pratindakan sampai siklus II sebesar 30,76 (51,27). \r\nSelain itu, proses pembelajaran bermain drama juga mengalami peningkatan. \r\nSebelum implementasi tindakan, siswa masih belum berani berekspresi, kurang \r\naktif, masih sering bergurau dengan siswa lain, dan siswa masih terlihat ragu \r\nuntuk memainkan tokoh yang dibawakannya, sehingga peran yang dimainkan \r\nkurang maksimal. Setelah implementasi tindakan, siswa menjadi lebih dapat \r\nberekspresi, lebih aktif, proses pembelajaran menjadi kondusif, dan siswa tidak \r\nragu lagi dalam memerankan tokoh yang dibawakannya, bahkan siswa mampu \r\nimprovisasi di dalam memerankan tokoh. Dengan demikian, keterampilan \r\nbermain drama siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Kretek Bantul telah \r\nmengalami peningkatan baik proses maupun hasil setelah dikenai tindakan \r\nmenggunakan metode sosiodrama."^^ . "2016-08-18" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . "Zusma"^^ . "Nadya Izzati"^^ . "Zusma Nadya Izzati"^^ . . "Dr. Suroso"^^ . . . . . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL (Text)"^^ . . . "SKRIPSI_Zusma Nadya Izzati_12201241071.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \r\nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \r\nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #40246 \n\nUPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA \nDENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA \nPADA SISWA KELAS XI-IPA 1 SMA NEGERI 1 KRETEK BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Bahasa dan Sastra Indonesia"@en . .