eprintid: 40228 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/04/02/28 datestamp: 2016-08-22 01:12:20 lastmod: 2016-08-22 01:12:20 status_changed: 2016-08-22 01:12:20 type: conference_item metadata_visibility: show creators_name: Zainal, Arifin creators_name: Sukoco, Sukoco creators_name: Martubi, M.T corp_creators: LPPM UNY title: CONTENT ANALYSIS KURIKULUM 2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF (S1) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public pres_type: paper keywords: Kurikulum, content analysis note: Prosiding Seminar Nasional 2016 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi kurikulum 2014 (S1) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY dengan membandingkan perbedaan antara kurikulum 2009 dengan kurikulum 2014 JPTO FT UNY, mengetahui kesesuaian antara kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan visi, misi fakultas dan universitas, mengetahui kesesuaian antara isi kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan tuntutan kompetensi sebagai calon tenga pendidik di SMK dan tuntutan dunia industri. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif, serta teknik penelitian menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. subyek penelitian adalah wakil kepala sekolah bidang bidang kurikulum, guru produktif dan stake holder pada dunia industri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan antara kurikulum 2009 dengan kurikulum 2014 JPTO FT UNY terletak pada dasar penyusunannya, jika kurikulum 2009 berbasis kompetensi (KBK), sedangkan kurikulum 2014 berbasis KKNI (Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia) tahun 2014 dimana program S1 menurut Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia pada level 6. Kurikulum 2014 JPTO FT UNY telah sesuai dengan visi,misi universitas, namun belum sesuai dengan misi fakultas untuk menuju world class university. Kesesuaian antara isi kurikulum 2014 JPTO FT UNY dengan tuntutan kompetensi sebagai calon tenga pendidik di SMK dan tuntutan dunia industry, telah terakomodir pada semua mata kuliah dengan 4 (empat) ranah capaian pembelajaran meliputi sikap, pengetahuan, ketrampilan umum dan khusus yang telah terwakili oleh semua mata kuliah pada kurikulum 2014, sebagai tuntutan dan harapan baik dunia industry maupun dunia pendidikan date: 2016 date_type: published event_title: Seminar Nasional 2016 event_location: UNY event_dates: 26-27 April 2016 event_type: conference refereed: TRUE citation: Zainal, Arifin and Sukoco, Sukoco and Martubi, M.T (2016) CONTENT ANALYSIS KURIKULUM 2014 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF (S1) JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FT UNY. In: Seminar Nasional 2016, 26-27 April 2016, UNY. document_url: http://eprints.uny.ac.id/40228/1/Prosiding%20Seminar%20Nasional%20LPPM%20UNY%202016%20rev_1.pdf