@phdthesis{UNY40212, year = {2011}, school = {UNY}, author = {Agus Abu}, title = {Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika SMA}, month = {October}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran dengan belajar berbasis masalah dan keefektifan model pembelajaran dengan belajar kooperatif tipe STAD ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent groups pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Wabula dan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Dipilih secara acak satu kelas dari empat kelas pada masing-masing sekolah untuk dijadikan sampel penelitian. Kemudian dari dua kelas yang terpilih, ditentukan secara acak kelas yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan kelas yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Untuk mengetahui efektif tidaknya model pembelajaran dengan belajar berbasis masalah dan model pembelajaran dengan belajar kooperatif tipe STAD pada tiap variabel, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test. Sedangkan untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran dengan belajar berbasis masalah dan keefektifan model pembelajaran dengan belajar kooperatif tipe STAD, data dianalisis secara multivariat. Analisis dilakukan pada tingkat kepercayaan 95\%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran dengan belajar berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi pokok ruang dimensi tiga; 2) model pembelajaran dengan belajar berbasis masalah efektif ditinjau dari motivasi belajar pada pembelajaran matematika materi pokok ruang dimensi tiga; 3) model pembelajaran dengan belajar kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi pokok ruang dimensi tiga; 4) model pembelajaran dengan belajar kooperatif tipe STAD efektif ditinjau dari motivasi belajar pada pembelajaran matematika materi pokok ruang dimensi tiga; dan 5) tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran dengan belajar berbasis masalah dan keefektifan model pembelajaran dengan belajar kooperatif tipe STAD ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar pada pembelajaran matematika materi pokok ruang dimensi tiga.}, keywords = {pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran kooperatif tipe STAD, kemampuan pemecahan masalah, motivasi belajar}, url = {http://eprints.uny.ac.id/40212/} }