%D 2011 %K pamong belajar, life skills %L UNY40208 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyelenggaraan program life skills oleh SKB Kota Yogyakarta; (2) peran Pamong Belajar sebagai agen perubahan dalam penyelenggaraan program life skills yang diselenggarakan oleh SKB Kota Yogyakarta, sehingga dapat berpengaruh pada kompetensi warga belajar; dan (3) faktor pendukung dan penghambat peran Pamong Belajar sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kompetensi warga belajar di SKB Kota Yogyakarta. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan pendekatan kualitatif di mana subyeknya adalah Pamong Belajar di SKB Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dalam empat cara: observasi, angket, wawancara, serta dokumentasi yang dibagi dalam dua tahap; pra lapangan dan kerja lapangan. Data-data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif menurut Miles dan Hubermen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) secara kuantitas, penyelenggaraan program life skills oleh SKB Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik. Namun secara kualitas, masih perlu adanya peningkatan; (2) peranan Pamong Belajar sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kompetensi warga belajar program life skills di SKB Kota Yogyakarta dapat dikatakan sudah cukup baik; dan (3) ada sejumlah kekurangan yang menjadi penghambat program life skills di SKB Kota Yogyakarta, antara lain: sarana dan prasarana yang terbatas untuk tata rias pengantin, alat dan bahan praktik yang harganya tidak terjangkau, kesulitan mencari instruktur yang kompeten, hanya mengandalkan dana dari pemerintah, sikap pesimis pada sebagian warga belajar, dan komunikasi yang kurang antara berbagai pihak dalam penyelenggaraan program life skills tersebut. %I UNY %A Rr. Ratna Arum Widyati %T Peranan Pamong Belajar Sebagai Agen Perubahan dalam Meningkatkan Kompetensi Warga Belajar Program Life Skills di SKB Kota Yogyakarta