%0 Thesis %9 S1 %A Bowo Nugroho, Adi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2016 %F UNY:40129 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T IMPLEMENTASI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN DALAM FILM ANIMASI “PADA ZAMAN DAHULU - KANCIL YANG BIJAK” %U http://eprints.uny.ac.id/40129/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip desain pesan pembelajaran dan bentuk-bentuk implementasi prinsip desain pesan pembelajaran dalam film animasi Pada Zaman Dahulu - Kancil yang Bijak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi (content analysis). Obyek penelitian adalah film animasi Pada Zaman Dahulu - Kancil yang Bijak season 1. Pengumpulan datanya dengan menentukan unit analisis berupa unit sampel, unit pencatatan, dan unit konteks. Instrumen penelitian disajikan dalam lembar koding. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat implementasi prinsip desain pesan pembelajaran dalam film Pada Zaman Dahulu - Kancil yang Bijak meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif, umpan balik, dan perulangan. Adapun bentuk implementasi prinsip desain pesan pembelajaran sebagai berikut: 1) kesiapan dan motivasi meliputi penampilan judul, misi karakter, dan memberitahukan manfaat film, 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi penggunaan daya tarik karakter, musik, emosional, humor, rasa bersalah, serta teknik penyajian bervariasi lainnya seperti fabel, 3) partisipasi aktif dibuktikan dengan adanya partisipasi mental berupa respon tidak nampak (memikirkan sesuatu), 4) umpan balik yang dituangkan berupa umpan balik informatif, peringatan, dan motivasi, 5) perulangan berupa penyajian pesan dengan cara berbeda yaitu memberikan kesimpulan berupa peribahasa yang sesuai dengan cerita.