TY - THES Y1 - 2016/07/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sumber belajar by utilization yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran; (2) Kemampuan guru memanfaatkan sumber belajar by utilization; dan (3) Implikasi pemanfaatan sumber belajar terhadap kualitas guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif menurut Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sumber belajar by utilization yang dimanfaatkan guru dalam proses pembelajaran meliputi lingkungan sekitar sekolah, lingkungan sekitar tempat tinggal peserta didik, dan belajar di luar sekolah. 2) Kemampuan guru memanfaatkan sumber belajar by utilization dalam proses pembelajaran, yakni secara keseluruhan semua guru kelas mampu dan sudah memanfaatkannya dalam proses pembelajaran, guru kelas yang memanfaatkan sumber belajar by utilization dengan intensitas ?sering? terjadi pada kelas rendah sedangkan untuk kelas tinggi khususnya kelas 6 gurunya masih ?jarang? memanfaatkan sumber belajar by utilization. 3) Implikasi pemanfaatan sumber belajar terhadap kualitas guru dalam proses pembelajaran adalah guru lebih bisa memberikan motivasi lebih besar ketika mengajar, memaksimalkan waktu pembelajaran yang terbatas, dan memaksimalkan kreatifitas memanfaatkan sumber belajar. PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Patrianto Wibowo, Eko AV - restricted TI - KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BY UTILIZATION DI SDN CATURTUNGGAL 6 DEPOK SLEMAN M1 - skripsi ID - UNY40128 UR - http://eprints.uny.ac.id/40128/ ER -