<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk alat permainan\r\nedukatif Karambol Cerdas (Karodas) yang layak digunakan untuk siswa kelas V\r\nSD Negeri Ngentak, (2) mengetahui pengaruh produk alat permainan edukatif\r\nKarambol Cerdas (Karodas) yang dihasilkan dalam meningkatkan hasil belajar\r\npada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan\r\npendekatan Research and Development dari (R&D) menurut Borg dan Gall.\r\nLangkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini meliputi penelitian\r\ndan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba\r\nlapangan, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan utama, penyempurnaan produk\r\nhasil uji lapangan, uji coba pelaksanaan, penyempurnaan produk akhir. Subjek\r\npenelitian ini adalah 24 siswa kelas V SD Negeri Ngentak, subjek uji coba lapangan\r\nadalah 4 siswa, subjek uji coba lapangan utama adalah 8 siswa dan subjek uji coba\r\npelaksanaan adalah 12 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam\r\npenelitian ini berupa instrumen ahli materi, instrumen ahli media, instrumen siswa,\r\ndan instrumen pretest dan posttest untuk siswa.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) alat permainan edukatif Karodas\r\nyang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pokok bahasan\r\nkeanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia pada kelas V Sekolah\r\nDasar, hal tersebut berdasarkan hasil validasi ahli materi kategori sangat layak (4,8)\r\ndengan persentase kelayakan (96 %), hasil validasi ahli media kategori sangat layak\r\n(4,46) dengan persentase kelayakan (89,3%), uji coba lapangan mendapatkan\r\npersentase skor 87,5% termasuk dalam kategori layak. Uji coba lapangan utama\r\nmendapatkan persentase skor 92,1% termasuk dalam kategori layak. Uji coba\r\nlapangan operasional mendapatkan persentase skor 97,9% termasuk dalam kategori\r\nlayak.. (2) Alat permainan edukatif Karodas yang dihasilkan berpengaruh terhadap\r\npeningkatan hasil belajar IPS siswa, pengaruh alat permainan edukatif Karodas\r\nyang dihasilkan terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 26,6."^^ . "2016-07-30" . . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . "Andika"^^ . "Buyung Pambudi"^^ . "Andika Buyung Pambudi"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL\r\nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK\r\nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #40124 \n\nPENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KARAMBOL \nCERDAS UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI SDN NGENTAK \nBATURETNO BANTUL YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Kurikulum dan Teknologi Pendidikan"@en . .