%D 2007 %L UNY4010 %T PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERENCANAAN TEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN BELAJAR KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI %A Drs., M.P. Subiyono %X Tujuan penelitian ini; pertama, mengidentifikasi dan meng¬ana¬lisis masukan tuntutan-tuntutan kompetensi dari para pakar industri tentang proses belajar mengajar Perancangan Alat Mesin, kedua merancang model pembelajaran proses beakar mengajar alat mesin dengan pendekatan kolaboratif, ketiga menerapkan dan meng¬analisis model pembelajaran di perguruan tinggi baik dari segi produk maupun prosedur. Metode yang digunakan adalah observasi ke industri dan se¬kaligus meminta masukan tuntutan-tuntutan kompetensi yang harus dimiliki seorang perancang dari para pakar industri dan para pakar pendidikan di bidang perancangan, mengidentifikasi bahan ajar, mengidentifikasi urutan pembelajaran, mengatur dan merancang stra¬tegi pembelajaran, validasi model pembelajaran Hasil yang didapat strategi dan bahan pembelajaran yang dikemas menjadi panduan mengajar guru, panduan belajar siswa, panduan evaluasi, dan lembaran kerja siswa Kesimpulan: pertama, hasil cakupan Kompetensi Peran¬cangan Alat Mesin Produksi meliputi merancang ide. Merancang peralatan mesin alternatif (modifikasi), mengembangkan desain (me¬nentukan ukuran dengan: rumus, diagram, tabel, katalog, ke¬ten¬tu¬an-ketentuan teknik, hand books, brosur, hasil penelitian, pe¬ma¬kai¬an serupa), merancang gambar kerja, merancang proses (me¬nentukan alat mesin, dan merancang langkah kerja), dan merancang biaya, kedua strategi pembelajaran Perancangan Alat Mesin Pro¬duk¬si memuat informasi tentang prosedur atau urutan pem¬be¬lajaran yang dikembangkan berangkat dari pembelajaran kolabo¬ratif, ke¬tiga bahan pembelajaran Perancangan Alat Mesin Produksi memuat informasi tentang keseluruhan materi pembelajaran yang dikem¬bangkan berangkat dari prosedur pembelajaran berbasis kolaboratif Kata kunci: pendekatan belar kolaboratif FT, 2007 (PEND. TEK. MESIN)