%T Pengaruh Sikap Multikultural, Gaya Belajar dan Pekerjaan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA di Kota Magelang %D 2016 %I UNY %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) sikap multikultural, (2) gaya belajar, dan (3) pekerjaan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kota Magelang, baik secara partial maupun simultan. Adapun jenis penelitian ini adalah kausal-asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA di Kota Magelang yang berjumlah 771 siswa. Sampel sebanyak 277 siswa diambil dengan teknik cluster stratified random sampling. Data sikap multikultural, gaya belajar dan pekerjaan orang tua dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data prestasi belajar dikumpulkan melalui tes prestasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi berganda. Penelitian ini menyimpulkan empat temuan. Pertama, terdapat pengaruh positif sikap multikultural terhadap prestasi belajar ekonomi (t = 2.279 dan sig. = 0,023 < 0,05). Kedua, tidak ditemukan pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar ekonomi (t = -0.347 dan sig. = 0,729 > 0,05). Ketiga, terdapat pengaruh positif pekerjaan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi (t = 3.667 dan sig. = 0,000 < 0,05). Keempat, terdapat pengaruh bersama-sama dari sikap multikultural, gaya belajar dan pekerjaan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kota Magelang (F = 5,982 dan sig. = 0,001 < 0,05). Ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama memberikan pengaruh (adjusted R^2) sebesar 5.1% terhadap prestasi belajar ekonomi siswa SMA di Kota Magelang. %A Ratrining Raras Irawati %K sikap multikultural, gaya belajar, pekerjaan orang tua, prestasi belajar ekonomi %L UNY40098