eprintid: 40083 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1211 dir: disk0/00/04/00/83 datestamp: 2016-08-18 03:29:18 lastmod: 2019-01-30 10:31:59 status_changed: 2016-08-18 03:29:18 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sulistiyaningsih, Retno Endah corp_creators: Saliman title: PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 DELANGGU KLATEN ispublished: pub subjects: pendidikan_ips divisions: fis_pend_ips full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu; (2) Pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu; (3) Pengaruh kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu Klaten. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen diukur dengan analisis product moment, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda dengan taraf signifikansi 0,05 Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu, yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (2,075 > 1,98) dengan demikian, semakin tinggi kemandirian belajar yang dimiliki siswa, maka akan berpengaruh dengan semakin tingginya prestasi belajar IPS siswa; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu, dengan nilai thitung > ttabel (2,309 > 1,98) dengan demikian, semakin tinggi intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, maka akan berpengaruh dengan semakin tingginya prestasi belajar IPS siswa; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 2 Delanggu, dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,417 > 3,905), dengan demikian, semakin tinggi kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah, maka akan berpengaruh semakin tingginya prestasi belajar IPS siswa. Kemandirian belajar dan intensitas pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan sumbangan efektif 12,2% terhadap prestasi belajar,sisanya 87,8% dipengaruhi oleh faktor lain. date: 2016 date_type: published institution: FIS department: Pendidikan IPS thesis_type: skripsi official_url: http://library.fis.uny.ac.id citation: Sulistiyaningsih, Retno Endah (2016) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP N 2 DELANGGU KLATEN. S1 thesis, FIS. document_url: http://eprints.uny.ac.id/40083/1/SKRIPSI_09416244001.swf