%0 Report %9 Project Report %A NidaNurfadilah, NidaNurfadilah %D 2014 %F UNY:39954 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, SMPN4Sleman,Kurikulum 2013 %T lAPORANINDIVIDU PRAKTIKPENGALAMANLAPANGAN(PPL) SMPNEGERI4SLEMAN TAHUNAJARAN2014/2015 Trimulyo, Sleman,Yogyakarta 1Juli–17September2014 %U http://eprints.uny.ac.id/39954/ %X raktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMP N 4 Sleman selama dua setengah bulan sejak 1 Juli – 17 September 2013. Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan kegiatan kependidikan lainnya di sekolah, sebagai bekal untuk mengembangkan diri menjadi tenaga yangprofesional yangmemilikipengetahuan, sikapdanketerampilan. Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, soal dan pedoman penskoran ulangan harian, daftar hadir siswa, dan daftar penilaian. Kegiatan praktik mengajar dimulai dari tanggal 6 Agustus - 13 September 2013 dengan jumlah jam mengajar sebanyak 468 jam. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013, yang mana kurikulum ini menggunakan pendekatanscientific dalam proses pembelajarannya. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan sebanyak minimal 10 kali pertemuan, adapun praktikan sudah mencapai 65 kali pertemuan. Saran untuk keberhasilan PPL dari praktikan yaitu peningkatan kerjasama yang baik antara pihak universitas, sekolah dan praktikan itu sendiri agar tidak terjadimiss komunikasi dalam pelaksanaan PPL