%0 Report %9 Project Report %A DISMA ARIYANTI WIDODO, DISMA ARIYANTI WIDODO %D 2014 %F UNY:39936 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K PPL, SMK Negeri 2 Magelang, Pendidikan Teknik Informatika, Rekayasa Perangkat Lunak %T ABSTRAK LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK NEGERI 2 MAGELANG %U http://eprints.uny.ac.id/39936/ %X Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa program studi kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan pengalaman mengajar bagi mahasiswa. Pelaksanaan PPL salah satunya berlokasi di SMK Negeri 2 Magelang pada tanggal 02 Juli-17 September 2014. Kelompok PPL di lokasi ini terdiri dari 9 mahasiswa dari 3 Program Studi, yaitu: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Di SMK Negeri 2 Magelang terdapat 4 jurusan yakni: Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Pemasaran dan Rekayasa Perangkat Lunak. Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika mengajar siswa di jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa meliputi pembuatan RPP, penyusunan materi, pembuatan soal, pembuatan media, praktek mengajar, evaluasi dan tindak lanjut, serta kegiatan persekolahan yang lain. Praktik mengajar dimulai dari tanggal 4 Agustus sampai dengan 12 September 2014, dilakukan secara mandiri dan team teaching sebanyak 19 kali pertemuan di kelas X RPL, XI RPL dan XII RPL. Pada awal kegiatan PPL, kegiatan belajar mengajar belum efektif dimulai karena adanya libur semester, masa orientasi dan libur lebaran. Maka, mahasiswa mengisi kegiatan PPL dengan aktif membantu kegiatan sekolah seperti Masa Orientasi Ekstra Wajib Kepramukaan (MOEWK) bagi siswa kelas X dan Ramadhan in Campus bagi siswa kelas XI dan XII. Mata pelajaran yang diampu yaitu Pemrograman Dasar untuk kelas X RPL, Pemodelan Perangkat Lunak dan Pemrograman Desktop untuk kelas XI RPL, dan Pemrograman Berorientasi Objek untuk kelas XII RPL. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok dan presentasi. Media yang digunakan adalah Microsoft Powerpoint tentang materi, laptop, LCD, dan papan tulis. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat terlaksana dengan baik. Hambatan yang ditemui mahasiswa dalam melaksanakan PPL adalah: 1. Dari mahasiswa, buku untuk materi pelajaran tidak tersedia 2. Dari siswa, situasi kelas yang sulit dikondisikan untuk tenang saat kegiatan belajar mengajar. Secara umum, programprogram dan kegiatan lain yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan merupakan hal yang wajar. Tetapi hal tersebut dapat di atasi dengan adanya bantuan dari berbagai pihak. Mahasiswa berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai referensi.