eprintid: 39915 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1277 dir: disk0/00/03/99/15 datestamp: 2016-08-16 06:33:23 lastmod: 2019-10-01 11:55:53 status_changed: 2016-08-16 06:33:23 type: monograph metadata_visibility: show creators_name: Ahmad Fajar Fachrurrozy, Ahmad Fajar Fachrurrozy title: LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN ispublished: pub subjects: subject_lppmp divisions: lppmp full_text_status: public monograph_type: project_report keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Persiapan Kegiatan PPL, Keberhasilan KBM abstract: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang bersifat aplikatif dan terpadu dari seluruh pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan untuk menyiapkan mahasiswa agar menguasai kemampuan keguruan atau pendidikan lainnya, sehingga dapat mengembangkan tugas secara profesional. Tujuan yang ingin dicapai kedua program terpadu tersebut yaitu mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan.Pada kesempatan kali ini penulis mendapatkan tempat pelaksanaan program PPL di SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman Yogyakarta yang beralamat di Dusun Gatak, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman Yogyakarta. Persiapan kegiatan PPL sangat perlu dilakukan untuk keberhasilan dalam mengajar. Mahasiswa sebelum melaksanakan PPL mendapatkan Pembekalan PPL yang bertujuan untuk memberi gambaran kepada mahasiswa mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat PPL. Pembekalan PPL merupakan syarat wajib bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan PPL. Periapan PPL antara lain dengan mengikuti kuliah pembelajaran mikro yang merupakan kuliah simulasi mengajar di kelas selain itu pengajaran mikro juga merupakan kuliah yang wajib diikuti sebelum melaksanakan PPL. Selain itu sebelum melaksanakan PPL harus melakukan observasi terlebih dahulu ke pihak sekolah, seperti kondisi kelas, kondidi murid, kondisi sarpras dan lain – lain serta mempersiapkan rencana untuk mengajar juga materi yang akan diajarkan. Keberhasilan proses belajar mengajar di SMK Muhammadiyah Prambanan terdapat beberapa faktor utama yang mempengaruhinya yaitu guru, murid, orang tua dan perangkat sekolah. Terutama juga harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan sarana pembelajaran yang memadai seperti mengajar dengan bantuan media Proyektor dan simulasi maka siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik dan juga menambah motivasi belajar mereka yang diwujudkan dengan hasil yang rata-rata di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). date: 2014 date_type: published publication: LAPORAN PPL publisher: LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta institution: Universitas Negeri Yogyakarta refereed: TRUE citation: Ahmad Fajar Fachrurrozy, Ahmad Fajar Fachrurrozy (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta. document_url: http://eprints.uny.ac.id/39915/1/11504244008_AHMAD%20FAJAR%20FACHRURROZY.pdf