@techreport{UNY39905, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, author = {Ngatiman Ngatiman}, title = {LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, type = {Project Report}, year = {2014}, abstract = {SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi program praktik pengalaman lapangan (PPL) oleh LPPMP UNY Tahun 2014. SMK Muhammadiyah Prambanan memiliki empat jurusan yaitu jurusan Teknik Pemesinan, Teknik Elektronika Industri, Teknik Otomotif dan Teknik Multi Media. Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2014 diharapkan mahasiswa dapat mengambil manfaat untuk menjadi pendidik yang mampu memahami, menguasai dan menerapkan empat kompetensi guru. Kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) berlangsung dari tanggal 1 Juli sampai 20 september 2014, banyak hal yang dipelajari oleh mahasiswa agar dapat menjadi pendidik yang profesional, diantaranya adalah: penyusunan perangkat persiapan pembelajaran, praktik mengajar terbimbing dan mandiri, penyusunan dan pengembangan alat pembelajaran, evaluasi, menerapkan inovasi pembelajaran, mempelajari administrasi guru, penggunaan media pembelajaran, manajemen waktu dan kegiatan lain yang menunjang kompetensi mengajar. Hasil yang didapatkan oleh mahasiswa setelah pelaksanaan praktik pengalaman lapangan diantaranya: 1) pengalaman menjadi seorang guru dengan segala tugas ? tugasnya. 2) belajar melatih mental sebagai seorang guru yang baik, berkarakter dan mengevalusi kekurangan sebelum mengabdi sebagai seorang guru. 3) pengalaman mengkondisikan siswa dengan berbagai karakter dan latar belakang. 4) memecahkan masalah ? masalah yang timbul selama pembelajaran berlangsung. 5) mendapatkan perluasan serta penguatan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah.}, keywords = {Praktik Pengalaman Lapangan, PPL UNY 2014, PPL UNY 2014 dI SMK Muhammadiyah Prambanan.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39905/} }