%0 Report %9 Project Report %A Alvie Retnowati Suparjo, Alvie Retnowati Suparjo %D 2014 %F UNY:39900 %I Universitas Negeri Yogyakarta %K Individu, PPL, Program, Pelaksanaan, Hasil %T LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMAN 1SRANDAKAN %U http://eprints.uny.ac.id/39900/ %X Kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Untuk itu, kegiatan PPL tentu saja bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta PPL untuk mempraktikan teori-teori yang telah diperoleh selama di kampus dan memberikan pengalaman kepada peserta PPL dalam pembelajaran dan manajerial di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tempat yang menjadi lokasi program PPL ini adalah di SMANegeri 1 Srandakan yang beralamat di Gerso, Trimurti, Srandakan, Bantul. Dalam pelaksanaan PPL yang bertempat di SMAN 1 Srandakan, praktikan mengajarkan materi Sejarah kelas X IIS 1 (peminatan), XI IIS 1, XI IIS 2, dan XI MIA semester gasal. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktek mengajar di lapangan praktikan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Adapun hasil dari pelaksanaan PPL di SMANegeri1 Srandakan yang dimulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga 17 September 2014 ini antara lain mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan kompetensi keguruan dan kependidikan yang diperoleh selama dibangku perkuliahan UNY. Dalam kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Srandakan, penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X IIS 1 (peminatan), XI IIS 1, XI IIS 2 dan XI MIA. Mahasiswa melakukan praktik mengajar dikelas setiap hari Selasa jam ke 1-2 dan XI MIA jam ke 8-9, hari Kamis jam ke 1-3, dan hari Jumat jam ke 1-2. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa telah menerapkan dan mengembangkan ilmu serta ketrampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.