@phdthesis{UNY39896, author = {Indri Aryanti and Sahid Sahid}, title = {KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMA N 1 DEPOK}, month = {August}, year = {2016}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39896/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran Matematika berbasis masalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari prestasi belajar Matematika dan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental research dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok. Sampel terpilih adalah kelas XB sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran Matematika dengan pendekatan pembelajaran konvensional dan kelas XD sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran Matematika berbasis masalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pembelajaran yang berupa (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) RPP dan (Lembar Kegiatan Siswa) LKS, instrumen tes untuk mengukur prestasi belajar Matematika yang terdiri atas soal pretest dan posttest, serta instrumen non-tes berupa angket kepercayaan diri dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah one sample ttest dan independent sample t-test (uji-t). Hasil penelitian ini yaitu: (1) pembelajaran Matematika berbasis masalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari prestasi belajar Matematika, (2) pembelajaran Matematika dengan pendekatan pembelajaran konvensional efektif ditinjau dari prestasi belajar Matematika, (3) pembelajaran Matematika berbasis masalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak efektif ditinjau dari kepercayaan diri, (4) pembelajaran Matematika dengan pendekatan pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari kepercayaan diri, dan (5) pembelajaran Matematika berbasis masalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak lebih efektif daripada pembelajaran Matematika dengan pendekatan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar Matematika. Kata kunci: pembelajaran Matematika, pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, prestasi belajar Matematika, kepercayaan diri.} }