%0 Conference Paper %A Dwi, Rahdiyanta %A Putut Hargiyarto, Putut Hargiyarto %A Asnawi, Asnawi %A LPPM UNY, %B Seminar Nasional 2016 %C UNY %D 2016 %F UNY:39837 %K pembelajaran project-work berbasis karakter, pembelajaran praktik, Perguruan Tinggi Vokasi %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEC-WORK BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI VOKASI %U http://eprints.uny.ac.id/39837/ %X Penelitian ini dilakukan dengan tujuan adalah: (1) menghasilkan seperangkat prosedur/tahapan model pembelajaran project-work berbasis karakter; (2) mengetahui tingkat keterlaksanaan proses integrasi aspek karakter melalui model pembelajaran project-work berbasis karakter. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Research and Development dengan tahapan: (1) studi pendahuluan untuk mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pengembangan; (2) penyusunan model konseptual; (3) melakukan validasi model melalui kegiatan FGD; (4) merevisi model konseptual; (5) uji coba model konseptual. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah: (1) tahapan dalam pembelajaran project-work berbasis karakter adalah eksplorasi aspek karakter terkait dengan karakter kerja praktik, grouping, diskusi penyusunan work preparation sheet, pelaksanaan praktik disertai dengan pendampingan dan pembimbingan, proses assessment; (2) berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan, tingkat keterlaksanaan proses integrasi aspek karakter melalui model pembelajaran project-work berbasis karakter adalah 5% belum terlaksana, 12% terlaksana belum konsisten, 16% terlaksana dengan konsisten, dan 70% telah membudaya; (3) berdasarkan hasil uji coba juga didapatkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar praktik mahasiswa adalah 87 (memenuhi standar k etuntasan). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project-work berbasis karakter pada mata pelajaran praktik ini dapat meningkatkan mutu pendidikan tinggi vokasi. %Z Prosiding Seminar Nasional 2016