@techreport{UNY39836, year = {2014}, type = {Project Report}, publisher = {LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta}, title = {LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi: SMA NEGERI 2 BANTUL}, author = {Pitma Pertiwi Pitma Pertiwi}, institution = {Universitas Negeri Yogyakarta}, journal = {LAPORAN PPL}, url = {http://eprints.uny.ac.id/39836/}, keywords = {PPL, SMA Negeri 2 Bantul, Perkembangan sekolah}, abstract = {Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan di SMA NEGERI 2 BANTUL terletak di Jl R.A Kartini, Bantul Yogyakarta. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu matakuliah yang wajib diambil oleh Mahasiswa UNY. Tujuan yang ingin dicapai dari program PPL adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan atau tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai sejak tanggal 2 Juli 2014 (tahun ajaran baru 2014/2015). Sebelum melakukan PPL, mahasiswa mengadakan observasi terhadap kegiatan pembelajaran yang ada di SMA Negeri 2 Bantul. Observasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2014 sampai dengan 26 Maret 2014. Observasi tersebut meliputi observasi sekolah dan juga terhadap pembelajaran di dalam kelas, praktikan juga berusaha mencari informasi dari guru mata pelajaran ekonomi mengenai kondisi dan potensi siswa, fasilitas pendukung dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dan juga faktor penghambat yang sering ditemui ketika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung. Berdasarkan hasil observasi tersebut, mahasiswa melakukan konsultasi terhadap DPL PPL untuk menindaklanjuti pembuatan RPP yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah. Pada kegiatan PPL ini, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas XIMIA 3 dan XI MIA 6. Program kerja yang dilakukan oleh praktikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran adalah: 1) pembuatan RPP; 2) Pembuatan soal-soal evaluasi dan ulangan harian; 3) Pembuatan media pembelajaran. Namun terdapat hambatan yang ditemui praktikan dalam melaksanakan PPL yakni praktikan masih kurang dalam penguasaan kelas, selama pembelajaran berlangsung seringkali praktikan mengalami kesulitan dalam mengontrol siswa terutama saat menerangkan materi karena ada sebagian siswa yang tidak memperhatikan. Praktikan menyadari bahwa munculnya hambatan dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah hal yang wajar. Karena hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi praktikan selama kegiatan PPL.} }