TY - RPRT A1 - Mutiara C.M Hutagalung, Mutiara C.M Hutagalung PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta N2 - Perguruan Tinggi merupakan salah satu ujung tombak Pendidikan Nasional. Namun demikian, perguruan tinggi sampai sekarang masih belum dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini di karenakan karena kurangnya kesadaran untuk itu. Menjembatani persoalan ini, maka perguruan tinggi kemudian mencoba melahirkan kebijakan yang sekiranya dapat membuka lahan baru dalam proses pemberdayaan masyrakat, yaitu dengan melahirkan Tri Darma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyrakat). Sekolah juga merupakan bagian penting dalam proses Pendidikan Nasional. Perannya yang strategis dalam mengantarkan individu menuju jenjang kematangan, menyebabkan tidak lepas dari terpaan beragam kritik, mampu bersaing dalam dunia global. Menanggapi persoalan ini, sebagai komponen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta yang merupakan metamorforsis IKIP Yogyakarta sejak awal berdirinya telah menyatakan komitmen tinggi terhadap dunia pendidikan, utamanya sekolah. Sesuai dengan visi dan misi UNY, bahwa produktivitas tenaga kependidikan, khususnya calon guru, baik dalam segi kualitas, maupun kuantitas tetap menjadi perhatian utama universitas. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya beberapa usaha pembaruan, peningkatan dalam bidang keguruan seperti: Pengajaran Mikro (micro teaching), Kuliah Kerja Nyata (KKN), dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah, yang diarahkan untuk mendukung terwujudnya tenaga kependidikan yang profesional.. Y1 - 2014/// UR - http://eprints.uny.ac.id/39815/ TI - LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN AKADEMIK 2014/2015 LOKASI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA AV - public ID - UNY39815 M1 - project_report ER -