<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\r\nPERIODE 1 JULI 2014 - 17 SEPTEMBER 2014\r\nLOKASI SMP NEGERI 1 NGAGLIK\r\nKAYUNAN, DONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN"^^ . "Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib\r\nditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.\r\nKegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan\r\nberupa ketrampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga,\r\ndalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan.\r\nTujuan lain penulis melaksanakan PPL di SMP Negeri 1 Ngaglik adalah\r\nmemberi kesempatan pada penulis untuk mempelajari, mengenal dan menghayati\r\npermasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan\r\nketerampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar\r\ndari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna\r\npengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan.\r\nKegiatan PPL terbagi dalam beberapa tahapan yaitu persiapan mengajar dan\r\npelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi yang dilaksanakan\r\npada tanggal 10 Maret 2014. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah micro\r\nteaching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam\r\nmengajar. Sebelum mengajar, mahasiswa juga harus mempersiapkan Rencana\r\nPelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL\r\ndimulai tanggal 1 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Dalam praktik mengajar,\r\npraktikan diberi kesempatan untuk mengajar di kelas VIIIA dan VIII B dengan\r\njumlah mengajar sebanyak 9 kali pertemuan dan pengajaran insidental sebanyak 4\r\nkali pertemuan, sehingga selama PPL praktikan telah melakukan pengajaran\r\nsebanyak 13 kali pertemuan.\r\nDalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami kendala, diantaranya\r\nadalah peserta didik yang masih sering ribut sendiri dan kurang konsentrasi dalam\r\nmengikuti pelajaran. Tetapi kendala tersebut dapat diatasi dengan cara memberikan\r\ntugas kepada peserta didik, selain itu juga dengan cara memberikan perhatian khusus\r\nkepada siswa tersebut. Praktikan juga senantiasa konsultasi dengan guru pembimbing\r\nuntuk mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya.\r\nDari pelaksanaan kegiatan PPL dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini dapat\r\nmemberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi di\r\nbidang pendidikan, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan\r\nmengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran,\r\nmemberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan,\r\ndan ketrampilan yang telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat\r\nmeningkatkan hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang\r\nterkait.\r\nSetelah melaksanakan praktik mengajar, maka didapatkan hasil bahwa siswa\r\nSMP Negeri 1 Ngaglik rata-rata mempunyai kesungguhan belajar yang tinggi.\r\nMereka cukup aktif dan memiliki motivasi untuk terus belajar. Dalam mewujudkan\r\noutput yang baik, pihak sekolah menjalankan lembaganya secara profesional seperti\r\nkonsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, melengkapi\r\nsarana dan prasarana serta tertib administrasi"^^ . "2014" . . . "LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . "laporan ppl"^^ . . . . . . . . "Meidisya Lutfi"^^ . "Isnaini"^^ . "Meidisya Lutfi Isnaini"^^ . . . . . . "LAPORAN INDIVIDU\r\nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)\r\nPERIODE 1 JULI 2014 - 17 SEPTEMBER 2014\r\nLOKASI SMP NEGERI 1 NGAGLIK\r\nKAYUNAN, DONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN (Text)"^^ . . . "Meidisya Lutfi Isnaini.rar"^^ . . "HTML Summary of #39796 \n\nLAPORAN INDIVIDU \nPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) \nPERIODE 1 JULI 2014 - 17 SEPTEMBER 2014 \nLOKASI SMP NEGERI 1 NGAGLIK \nKAYUNAN, DONOHARJO, NGAGLIK, SLEMAN\n\n" . "text/html" . . . "LPPMP" . .