TY - RPRT A1 - Aji Samanta Kurniadi Nyaman, Aji Samanta Kurniadi Nyaman PB - LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2014/// N2 - Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembengan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Praktik mengajar yang dilaksanakan oleh praktikan secara bergantian dengan rekan mahasiswa yang lain. Jadwal diatur sedemikian rupa sehingga semua rekan-rekan mahasiswa dapat melakukan kegiatan praktik mengajar di semua potensi pembelajaran tersebut sesuai kemampuannya masing-masing. Praktikan melaksanakan praktik mengajar terbimbing selama rentang waktu PPL berlangsung, namun praktik mengajar mandiri hanya dilakukan beberapa kali karena keterbatasan waktu dan kemampuan yang ada. Program-program yang dilaksanakan menyesuaikan dengan identifikasi kebutuhan yang telah dilakukan sebelumnya saat observasi dan menyesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan bersam dengan pihak-pihak yang terlibat dalam program. Program dapat berjalan lancar tetapi tidak lepas dengan faktor pendukung dan faktor penghambat selama program dilaksanakan, adapun program yang terlaksana meliputi program Pendampingan : (a) Pendampingan TPA, TK, KB, Tunas Harapan dan KB Miftahul Jannah, (b) Pendampingan Diklat Tingkat Dasar PAUD, (c) Pendampingan Kursus Manaemen Rumah Tangga. Program Kelompok dan Individu tambahan antara lain : (a) Penataan perpustakaan SKB, (b) Penghijauan SKB, (c) Open House SKB, (d) Syawalan SKB, (e) Mural SKB, (f) Mural KB Miftahul Jannah, (g) Pelatihan Komputer Dasar Paket C, dan (h) September Ceria. UR - http://eprints.uny.ac.id/39760/ AV - public TI - LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI UPTD SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) SLEMAN KABUPATEN SLEMAN M1 - project_report ID - UNY39760 ER -